Rabu, 26 Maret 2008

Di Mana Burung Tukan Hidup?

Burung Tukan (Toucan) adalah salah satu burung di dunia yang paling dikenal luas. Burung dengan nama latin Ramphastos toco ini memiliki Paruh yang besar, berwarna-warni dan suara berisik mereka di puncak pohon adalah ciri-ciri alamiah yang kerap dimanfaatkan dalam iklan. Taucan Sam produksi Kellog, sereal Froot Loops, dan bir Guiness telah menjadi ikon budaya.

Sekitar 40 jenis tukan -tampangnya mirip dengan burung rangkong, tetapi beda keluarga- hidup di Amerika Selatan, tetapi jenis toucan toco memiliki paruh terbesar dan yang paling populer. Tukan adalah pemakan segala (omnivora) yang hidup dalam kelompok kecil, terdiri dari enam ekor dan dapat hidup di alam bebas sampai usia 20 tahun. Seperti sepupu mereka burung pelatuk, mereka bersarang di dalam ceruk batang pohon atau batang yang patah.

Paruh tukan yang terkenal, dimiliki oleh burung jantan betina, terdii dari lapisan keratin ( Bahan ini juga terdapat pada kuku jari kita) dan dikerangkai oleh tulang-tulang tipis.

paruh ini lebih berfungsi sebagai alat untuk mencari makan dan jodoh dari pada membela diri. Burung ini menggunakan paruh mereka untuk mengambil buah yang sulit dijangkau, serangga, dan kadal. Salah satu ritual tucan dalam bercumbu adalah dengan menggunakan paruh mereka untuk melempar buah-buahan beri di antara mereka.

Tidak ada komentar: