Kamis, 20 Maret 2008

Apa yang Membunuh Gajah Purba?

Mastodon dan Mammoth merupakan gajah purba yang menghuni Bumi selama jutaan tahun sebelum tiba - tiba punah pada Zaman Es sekitar 10.000 tahun lalu. Mereka bermigrasi ke Amerika Utara melalui jembatan daratan Bering jauh sebelum manusia sampai di Amerika Utara dengan memakai jalan yang sama.

Tidak lama kemudian setelah manusia pertama tiba di Amerika Utara, Mastodon dan Mammoth menghilang, sebuah misteri yang terus membingungkan para ilmuwan. Penelitian baru mengungkapkan bukti bahwa pendemi penyakit Tuberkulosis (TB) pada hewan mungkin penyebabnya.

Ilmuwan yang mempelajari fosil mastodon di Amerika Utara menemukan lebih dari separuh tulang yang mereka periksa terdapat tanda-tanda TB. Tuberkulosis adalah bakteri yang menginfeksi paru - paru, tetapi juga dapat menyebabkan jejak pada tulang yang menimbulkan bekas yang unik. Keberadaan TB pada fosil dengan persentase begitu tinggi mengindikasikan bahwa penyakit ini menyebar luas.

Mammoth, Mastodon, dan mamalia besar lain mungkin membawa TB itu bersama mereka saat mereka bermigrasi dari asia. Pendemi TB tidak serta merta langsung membuat punah gajah purba itu, tetapi mungkin melemahkan daya tahan tubuh mereka.

Perburuan berlebihan oleh manusia serta perubahan iklim tampaknya juga menyumbangkan punahnya makhluk menakjubkan ini.

Tidak ada komentar: