Kamis, 20 Maret 2008

Apakah Silinder Kilogram "Sakit"?

Di kastil dekat Paris yang menjadi kantor pusat Biro International Bobot dan Ukuran, sebuah silinder kecil disimpan dengan aman disebuah lemari besi. Silinder berusia 118 tahun itu adalah prototipe kilogram, satu - satunya unit pengukuran dasar yang masih tersisa yang masih ditentukan oleh artefak material. Dan, tampaknya silinder itu sedang dalam keadaan "Sakit".

Dibuat dari aloi platina pada tahun 1880-an bersama dengan enam silinder duplikatnya, prototipe ukuran kilogram itu digunakan sebagai standar pengukuran massa secara global. Para peneliti di Lembaga International tersebut secara periodik membandingkan massa prototipe killogram itu dengan keenam duplikatnya untuk menjaga standar. Dari situlah misteri mengenai prototipe itu terkuak.

Prototipe killogram itu kehilangan bobot -50 mikogram- dibandingkan dengan keenam duplikatnya. Silinder-silinder itu dibuat pada waktu bersamaan, dari bahan yang sama, dan disimpan di tempat yang sama. Karena itu, menyusutnya bobot prototipe kilogram membuat pejabat di lembaga itu kebingungan mencari penjelasan .

Tampaknya tidak akan ada masalah pada perdagangan dan industri akibat dari kilogram yang "Sakit" tersebut, tetapi killogram itu mungkin akan dibuat ulang. Salah satunya yang menjadi favorit para pejabat dilembaga itu untuk menggantikan silinder killogram adalah bola berdiameter 93mm terbuat dari silikon-28.

Tidak ada komentar: