Senin, 17 Maret 2008

Apakah Elang Gundul Bertelur di Santa Catalina?

Elang Gundul dari Santa Catalina, salah satu pulau di Kepulauan Channel di dekat Los Angeles, AS, menghilang 50 tahu lalu. Mereka menjadi korban kontaminasi pestisida DDT dari limbah yang dibuang di samudera dekat pulau tersebut.

Pada awal 1980-an, beberapa pasang elang tersebut dimasukkan kembali ke Catalina, tetapi telur mereka terlalu rapuh untuk sampai pada tahap menetas sebagai akibat berkelanjutan kontaminasi DDT. Untuk membantu anak-anak elang itu bertahan sampai dewasa, petugas lingkungan hidup mengumpulkan telur - telur elang dan menetaskannya didalam inkubator di labolatorium. Anak elang yang menetas kemudian dikembalikan ke sarangnya.

Tahun ini anak - anak elang gundul untuk pertama kalinya sejak tahun 1940-an menetas di alam bebas di pulau itu. Tiga pasang elang dari 30 elang gundul yang sedang bereproduksi berhasil menetaskan telur mereka di sarang tanpa bantuan sama sekali.

Anak - anak elang tersebut merupakan tonggak penting untuk upaya pemulihan populasi elang gundul di Catalina. Upaya untuk memelihara kehidupan satwa liar endemik lain d pulau itu, yakni rubah dan sejenis tikus, juga sedang dilakukan di kawasan lindung seluas 76 Mill persegi (122 km persegi) pulau itu.

Tidak ada komentar: