Jumat, 04 April 2008

Dimana Letak Kurdistan?

Kurdistan yang artinya Tanah Orang-orang Kurdi adalah sebuah kawasan pegunungan yang penting dan strategis, meliputi luasan besar Irak, Iran, dan Turki, serta bagian yang lebih kecil ada di Siria dan Armenia. Kawasan ini merupakan tanah air tua tempat tinggal orang-orang kurdi, masyarakat Muslim non-Arab pengikut Mazhab Sunni yang menggunakan bahasa yang hampir mirip dengan bahasa Persia.

Kawasan tersebut berhubungan dengan kerajaan tua, Gutium, yang dalam catatan tertulis pertama manusia buatan orang sumeria berasal dari tahun 2.400 SM. Lebih dari 20 juta orang Kurdi tinggal di kawasan Kurdistan, membentuk salah satu kelompok etnis terbesar didunia tetapi tidak memiliki negara sendiri! (Lho)

Orang-orang Kurdi dijanjikan mendapat kemerdekaan ketika Kekaisaran Ottoman yang dibubarkan melalui Pejanjian Severs setelah Perang Dunia I. Janji itu belum dipenuhi hingga kini (APA) dan negara-negara lain yang dibentuk berdasarkan mandat perjanjian tersebut menjadi terperangkap dalam perjuangan orang-orang Kurdi untuk menyatukan tanah air mereka.

Gejolak dan ketegangan terus terjadi sampai saat ini, terutama di sepanjang perbatasan antara Turki dan Irak. Faksi-faksi yang saling bersaing di antara orang-orang Kurdi ikut menambah ketidakstabilan kawasan itu.

Tidak ada komentar: